Bentuk dan Model Tipe Sarang Rumah Walet yang Baik dan Berkuallitas

Saya gambarkan secara tulisan bagaimana bentuk rumah walet itu ,bisa anda khayalkan bentuk tersebut sebelum anda mulai membuat sarang atau rumah walet.

Bagian awal iyalah pondasi ,usahakan membuat pondasi sekuat mungkin karena biasanya bangunan rumah walet memiliki lebih dari 2 lantai atau lebih.

Bahan dinding rumah walet bermacam2 ada dari batu bata, bata ringan, asbes , kayu papan, seng, kalsiboat.

Bahan 2 tersebut bisa tuk membuat penutup bagian dinding rumah walet,tinggal bagaimana teknik dan cara pasang nya saja Papan sirip juga memiliki bnyak jenis kayu, mulai dari kayu ulin,bengkirai,kruing dsb.

Bentuk dan Model Tipe Sarang Rumah Walet yang Baik dan Berkuallitas
Bentuk dan Model Tipe Sarang Rumah Walet yang Baik dan Berkuallitas

Tips carilah kayu yg keras dan tahan lama karena bisnis rbw jangka panjang dan sulit mengganti apa bila sdh mulai rapuh atau rusak,,kemudian diberi  aluran atau guratan memakai mata ketam yg sudah dimodif.

Bangunan walet itu terdiri dari LMB ,,LAL,,,roving room ,,,,nesting room,,

LMB (lubang masuk burung).

Biasanya lmb ukuran minimal 20cm x 50 cm,,dan ukuran besar tdk terbatas bahkan ada yg sebesar lubang gua...tujuan utamanya memudahkan bw masuk karena lmb yg besar mudah tuk bw muda bermanuver masuk kerumah walet.

Biasanya lmb diberi tweter yg berguna tuk memancing koloni walet yg melintas disekitar rbw,,adapun alasan lmb kecil iyalah faktor keamanan  menghindari predator seperti brg hantu,dll,
Roving room(ruang putar).

Kebanyakan model rbw memakai rumah monyet tuk membuat walet memiliki ruang putar sebelum menuju LAL, dan ada juga yg membuat tanpa rumah monyet akan tetapi model ini memerlukan penyekatan yg tepat supaya tdk 100 % cahaya dan angin langsung masuk ke ruangan laen.

Kebiasaan walet senang bermain dan berputar dulu sebelum menukik atau berbelok arah.

LAL (lubang antara lantai).

Lubang ini memiliki fungsi vital karena ini sangat berpengaruh tuk kemudahan walet masuk ke ruangan selanjutnya semakin besar LAL  semakin mudah walet yg masuk setelah lmb menuju LAL biasa dipasangi twter yg memiliki suara tarik ke nesting room

Nestingroom(ruang inap walet)

Ini adalah ruang yg dibuat seperti habitat asli walet dan di kamuflase buat seolah2 dinding goa atau langit2nya di pasangi sirip papan ,sirip almunium,besek bambu, dan diberi tweter yg berisikan suara anakan dan birahi kawin walet.

Pemasangan sirip ada yg berbentuk vertikal,horizontal,persegi,piramid tangga dll.diruang inilah kelak walet akan berkembang biak dan menghasilkan sarang sebagai tempat telur,kemudian jadi piyek,anakan lalu terbang sesuai siklus kehidupannya.

Perlengkapan penunjang  audio seperti tweter ,amplifyer,kabel audio yg kualitas.dari berbagai jenis tweter sdh bnyk beredar dari yg jenis piezzo sampai yg magnet memiliki kualitas sesuai dengan harga masing2,bisa ditanya ditoko elektronik atau perlengkapan walet dikota anda.salam walet mania

Tahap perencanaan rumah walet

Membuat rumah walet Yg pertama setelah menentukan lokasi ,dan yg paling penting bajet atau dana yg digunakan merupakan hal yg perlu diperhitungkan lebih teliti,karena rumah walet baru tidak bisa menghasilkan

kalau hanya dalam tempo 3 bln setelah selesai,harus memikirkan teknik dan cara yg tepat pada budidaya walet,karena modal yg diperlukan cukup besar,

Belakangan ini banyak rbw yg beralih fungsi karena secara ekonomi dan ketidak berhasilan dalam hal budidaya walet.

Penyebabnya iyalah diantara pinjaman modal dari perbankan,yg mewajibkan pengembalian modal dalam waktu yg sdh ditentukan tuk mengurangi dampak kerugian ada yg mengubah rbw menjadi tempat karaoke ,penginapan ,atau pun kos.

Setiap memulai sesuatu harus dibekali dengan modal,semangat,sabar, dan ilmu yg cukup.klo cuma aji mumpung lebih baik dan aman klo dana anda depositokn saja.

Kalau sdh anda yakin 100 % barulah anda memikirkan tahap selanjutnya ,saya cuma memberikan pandangan saja,masing2 orng memiliki pendapat yg berbeda ,ambil yg baiknya ,nanti lanjut ke skrip berikutnya.

Burung walet

Mudahkah merumahkan burung walet - Itu pertanyaan yg ada bagi pemula dalam bisnis dan ternak walet tapi bagi yg sdh merasakan lezatnya bisnis ini,itu adalah hal yg mudah dan selalu ingin ditambah ,umpama punya 1 rbw  ingin tambah 2 rbw(rumah burung walet).

A.muqaddimah
Walet itu adalah sejenis burung yg memiliki keistimewaan dibanding varian sejenis seperti seriti,burung layang dsb,istimewanya terletak pada kemampuannya yg diciptakan ALLAH SWT.

walet mengeluarkan liur sebagai sarang untuk berkembang biak,dimasa produktifnya.walet mempunyai sifat berkoloni ,,bahasa ilmiahnya berjamaah dimana 1 koloni biasa paling sedikit 4 sampai 6 ekor bahkan bisa mencapai ratusan ekor.

B.Tempat yang disukai walet
Dahulu walet menyukai pegunungan yg memiliki gua,tepi2 gua karang disekitar pantai,akan tetapi seiring perubahan iklim dan suasana tempat walet mulai terusik baik secara alamiah maupun gangguan buatan dimana menyebabkan walet harus mencari lokasi yg lebih cocok menurut habitat alaminya.

C.penentuan lokasi rumah walet
Lokasi memiliki peranan yg utama baik tuk perkembangan populasi walet,pemilihan lokasi biasanya terbagi menjadi 3:

1.lokasi pakan
Biasanya lokasi pakan iya dimana tempat yg kerap dituju koloni walet tuk mencari makan biasa di persawahan,perkebunan,pegunungan dan disekitar laut.

2.lokasi lintasan
Perhatikan diwaktu pagi sekitar jam 6 dan diwaktu petang lokasi ini iyalah tempat dimana sering dilalui kumpulan koloni yg melintas secara bersamaan disaat pagi atau menjelang senja.

3.lokasi sentra
Lokasi ini merupakan tempat dimana sdh terdapat rbw yg sdh berhasil dan biasanya disekitar daerah itu bnyak rbw jaraknya pun dekat bahkan bergandengan

Dari ke3 lokasi tersebut anda bisa menentukan dimana kah yg menurut anda bisa tuk membangun rbw..

REFERENSI.
mywaletrumahblogspot

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter